MANAJEMEN STRATEJIK
ANALISIS VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN
SWOT, EFAS, IFAS, VALUE CHAIN, DAN MATRIKS
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)”






Disusun Oleh :

                                                Nama               : Jefri Haryanto
                                                Fakultas           : Ekonomi & Bisnis
                                                NIM                : 01215158









FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS NAROTAMA
Jl. Arief Rachman Hakim No.51 Surabaya
Phone : 031-5946404- 5995578, fax. 031- 5931213
2018









Sejarah perusahaan

Didirikan tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan terutama import atas kiriman peka waktu melalui gudang 'Rush Handling'.
Kecepatan dan kehandalan layanan yang konsisten dan bertanggung jawab membuat kredibilitas JNE semakin tinggi di mata pelanggan maupun mitra kerja.
Seiring dengan peningkatan investasi asing, pertumbuhan ekonomi dalam negeri, dan perkembangan teknologi informasi, serta beragam inovasi produk yang dikembangkan, kinerja JNE semakin tumbuh juga berkembang di kalangan dunia usaha maupun masyarakat Indonesia.
Perkembangan dunia usaha dan gaya hidup masyarakat membuat permintaan penanganan kiriman import peka semakin berkembang. Tak hanya mencakup paket kecil dan dokumen, tetapi merambah pada penanganan transportasi, logistik, serta distribusi.
Peluang yang terus tumbuh ini mendorong JNE untuk terus memperluas jaringannya ke seluruh kota besar di Indonesia. Saat ini titik-titik layanan JNE telah mencapai diatas 6,000 lokasi dan masih terus bertambah, dengan jumlah karyawan lebih dari 40,000 orang.
Lebih dari 150 lokasi JNE telah terhubungkan dengan sistem komunikasi on-line, dikawal oleh sistem dan akses situs informasi yang efektif serta efisien bagi konsumen dalam upaya mengetahui status terkini pengiriman paket atau dokumen.
JNE mengedepankan sumber daya manusia sekaligus teknologi sebagai bagian dari pengembangan. Dari mesin X-Ray, GPS, hingga alat komunikasi satelit.
Kehandalan dan komitmen JNE ini terbukti dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2008 atas sistem manajemen mutu.





Visi: 

·         Untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia
·         Sukses hanya dapat dicapai melalui kerjasama usaha integral dalam perkembangan. Mendorong proses belajar dan berubah menuju pertumbuhan, kesempurnaan dan pencapaian keuntungan. 
·         Untuk menjadi perusahaan internasional yang sukses adalah penting bagi JNE untuk memiliki jaringan usaha yang kuat di Indonesia yang merupakan salah satu negara target investasi dan pasar yang strategis di mata dunia. 

Misi: 


·         Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten
·         Melayani segenap lapisan masyarakat Indonesia baik perumahan maupun perkantoran dan industri melalui jaringan layanan pengiriman ekspres. 
·         Memadukan efektivitas, efisiensi dan fleksibilitas jasa yang prima untuk menjadikan JNE pilihan utama dalam pengiriman dokumen, paket dan kargo peka waktu di Indonesia. 
Tujuan

·         Dengan asumsi JNE adalah market leader di Indonesia maka dengan diluncurkannya layanan pesona, maka JNE dalam menghadapi kompetisi menggunakan strategi agresif yaitu meningkatkan pasar (Expanding Total Market), dimana JNE memperluas target customer yang dapat dilayani dan menambah layanan dengan diperkenalkannya layanan Pesona. Dengan produk PESONA ini JNE menarik konsumen yang baru (New customer) sekaligus juga meningkatkan pemakaian (More usage).
Strategi

Meskipun JNE adalah perusahaan jasa, namun jika dilihat dari product differentiation, JNE menggunakan product differentiation berikut:

·         Form: Pesona memberikan layanan pembelian ‘oleh-oleh’ yang berasal dari lokasi yang jauh dan ‘oleh-oleh’ itu sendiri memiliki nilai sentimental. Nilai sentimentil ini dapat terbentuk karena ‘oleh-oleh’ berasal dari berbagai daerah dan merupakan ciri khas dari daerah tertentu sehingga sulit untuk diperoleh di daerah lain. 
·         Customization: Pesona menerima pesanan di luar katalog, semua jenis kuliner di pelosok desa dilayani.
·         Performance quality: Kehandalan JNE juga telah dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan yang telah diberikan.
Selain dilihat dari Product Differentiation, JNE juga menggunakan Service Differentiation, dimana JNE memberikan value added service dengan mengeluarkan JNE. Value added artinya nilai tambah, karena differensiasi ini merupakan tambahan dari layanan yang telah ada, tidak menggantikan. Berikut Service Differentiation yang digunakan JNE:
·         Ordering Ease menunjukkan seberapa mudah konsumen melakukan pemesanan dari suatu organisasi. Pesona memberi kemudahan dalam memesan dibanding pelanggan datang langsung ke toko karena lokasi-lokasi toko yang jauh di luar kota. Bentuk kemudahan yang ditawarkan Pesona terdiri dari berbagai pilihan, yaitu: telepon ke 021-5665262 ext 217 atau e-mail ke pesona@jne.co.id, bisa juga berteman dengan Pesonajne di situs jaringan sosial media Facebook.
·         Delivery mengukur seberapa baik produk atau layanan dibawa ke konsumen. Pesona menyediakan tiga layanan pengiriman pesanan yang berbeda dari sisi lokasi pengiriman tetapi juga waktu/kecepatan pengiriman, yaitu: Super Speed yang memungkinkan barang sampai di tempat tujuan di hari yang sama dengan hari pemesanan; YES (Yakin Esok Sampai): dimana pesanan akan sampai di tempat tujuan sehari setelah tanggal pemesanan; Reguler: barangnya baru dikirim sehari setelah tanggal pemesanan. Bahkan JNE merekomendasikan layanan pengiriman yang sebaiknya dipilih pelanggan sesuai makanan yang dipesan.


SOP Mekanisme Pemesanan dan Distribusi Kelengkapan Operasional JNE

Kelengkapan operasional yang dapat dipesan oleh Agen/Kantor Perwakilan
adalah :
1. AWB/Connote/kertas E Connote
2. Plastik ukuran sedang (doc) dan besar berlabel JNE
3. Form BPIK (Bukti Pemeriksaan Isi Kiriman)
4. Buku Kas (Laporan Keuangan Harian Agen)
5. Label YES, SS, Fragile

Mekanisme pemesanan dan distribusi :
1. Agen/Kantor perwakilan melakukan pemesanan paling lambat 3 hari(agen), (di awal minggu untuk Kantor Perwakilan) sebelumnya kepadaAdmin Sales Retail, di no telp 085779436793 dengan cara SMS/telp atau email ke boo.sales-mkt@jne.co.id, pada jam kerja pkl 08.00-15.00.

2. Admin Sales Retail mengkonfirmasi kepada agen (ya/tidak) untuk menyatakan pesanan sedang diproses.

3. Admin Sales Retail akan melakukan pendataan, kemudian melakukan pemesanan/surat perintah pesan kepada Departemen General Affair

4. Departemen General Affair akan memutuskan jumlah, waktu dan jenis perlengkapan operasional yang akan diberikan kepada agen/counter/kantor perwakilan berdasarkan pertimbangan load dan kebutuhan yang diajukan Admin Sales Retail

5. Departemen General Affair mendistribusikan kepada agen/counter/kantor
perwakilan dengan berkoordinasi dengan petugas pickup (Departemen
Operasional Outbond)

6. Petugas pickup (Departemen Operasional Outbond) mendistribusikan ke agen/counter/kantor perwakilan maksimal 3 hari setelah tanggal pemesanan, misalkan pemesanan hari SENIN, maka akan didistribusikan dan sampai di Agen/Kantor Perwakilan paling lambat hari RABU.



7. PIC dari Sales Retail akan mengkontrol proses nomor 3-6

8. Jika dalam 3 hari Agen/kantor Perwakilan belum mendapatkan kelengkapan yang dipesan, maka silahkan melaporkan ke Departemen Sales Retail (085691927676)



Flow diagram 
Pemesanan dan Distribusi Kelengkapan Operasional .




Sistem Informasi yang dapat dibuat:
·                     Pemesanan
·                     Pendataan Pesanan
·                     Laporan Distribusi Pesanan
·                     Monitoring Proses Distribusi
·                     Pelaporan Ketidaklengkapan

Operating Support System

1. Transaction Processing System
My-ORION Integrated System merupakan system terintegrasi yang dimanfaatkan oleh JNE sebagai layanan pengelolaan berbagai aspek dari proses bisnis JNE dalam hal logistic, mencakup di dalamnya Transaction Processing System dengan system barcode.
Untuk pencarian serti tarif, wilayah dan hardware. User dapat menggunakan prosedur menggunakan hardware, software dan yang kemudian akan terhubung ke database melalui internet (telecomunication). Dimulai dengan user memasukkan pencarian berdasarkan tarif atau wilayah. Kemudian akan mencari ke database melalui web browser. Dan database akan mengeluarkan hasil sesuai dengan pencarian yang dipilih.

2. Enterprise Collaboration System

Untuk pertukaran informasi dan koordinasi, JNE memiliki JNE Chat Room.

3. Process Control System
PT. JNE mengembangkan sistem berbasis teknologi informasi yang disebut MyOrion. Manfaatnya dapat memantau pergerakan barang kiriman, sehingga cukup membantu pelanggan yang sering kali ingin mengetahui status barangnya. Agar supaya tidak direpotkan oleh pelanggan/customer, pihak PT. JNE Logistik merasa perlu memberitahukan nomor resi pengiriman barang ke pelanggan. Pengguna layanan perusahaan PT. JNE  memang bisa memantau pergerakan barang yang dikirimkan. Setiap tahapan pengiriman dapat dipantau secara real time melalui website www.jne.co.id. Pelanggan tinggal memasukkan nomor resi pengiriman. Selanjutnya, pelanggan dapat melihat status pengiriman paketnya. Misalnya, sudah sampaikah di kota tujuan, atau sedang dalam perjalanan ke alamat tujuan. Pelanggan dapat memantau secara online. Bahkan, report-nya sangat detail hingga ke status barang dan waktunya.


Management Support System

1. Management Information System
PT. JNE Logistik turut berkembang sejalan dengan perkembangan dan peradaban teknologi. Perkembangan teknologi informasi, terutama pada era informasi berdampak signifikan terhadap Sistem Informasi Akuntansi atau biasa disingkat (SIA) dalam suatu perusahaan. Dampak yang dirasakan secara nyata PT. JNE Logistik adalah pemrosesan data yang mengalami perubahan dari sistem manual ke sistem komputer dan bermunculannya software-software untuk akuntansi yang dapat mempermudah dalam membuat laporan keuangan. Peranan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi pada setiap babak berbeda-beda. Semakin maju teknologi, semakin banyak pengaruhnya pada bidang akuntansi. Dampak yang dirasakan secara nyata PT. JNE Logistik adalah pemrosesan data yang mengalami perubahan dari sistem manual ke sistem komputer dan bermunculannya software-software untuk akuntansi yang dapat mempermudah dalam membuat laporan keuangan. Peranan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi pada setiap babak berbedabeda. Semakin maju teknologi, semakin banyak pengaruhnya pada bidang akuntansi. Kemajuan ini mempengaruhi perkembangan sistem informasi akuntansi (SIA) dalam hal pemrosesan data, pengendalian intern, dan peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan

2. Decision Support System
Perkembangan sistem informasi akuntansi berbasis komputer dalam menghasilkan laporan keuangan juga mempengaruhi proses audit. Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan manajemen PT. JNE Logistik dapat memproses data, pengendalian internal, dan peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan. Dengan adanya pengaruh teknologi informasi yang telah dicapai dalam bidang akuntansi yang menyangkut Sistem Informasi Akuntansi (SIA) berbasis komputer dalam menghasilkan laporan keuangan, maka perusahaan dapat mempermudah kegiatan operasionalnya. 


3. Information Reporting System
My-Orion mampu mempercepat proses kerja PT. JNE . Sistem My-Orion tidak perlu lagi meng-input data kiriman yang jumlahnya mencapai satu juta paket tiap bulan. Barang yang akan dipaket dan dikirimkan harus dijemput di tempat klien. Penerapan sistem My-Orion mampu memperbaiki keakuratan data dalam setiap perubahan waktu pemprosesan. Walaupun rata-rata dalam sebulan menangani satu juta kiriman paket, sistem ini mampu memberikan status yang jelas. Setiap kali barang berpindah, selalu ada proses pemindahan dan pencatatan
Cara kerja sistem untuk pelanggan yaitu petugas kurir PT. JNE Logistik mengambil paket ke perusahaan/pelanggan, yang telah mengisi formulir pengiriman. Sampai di kantor cabang, nomor resi berikut data kiriman lainnya dimasukkan ke sistem My-Orion, sehingga semua datanya langsung tercatat. Jadi, selain dapat diakses secara online oleh pelanggan, bagian keuangan pun tidak perlu meng-input ulang data untuk dijadikan invoice. Tinggal masuk ke sistem dan dicetak, semua sudah terekam. Selain My-Orion JNE juga mempunyai aplikasi yang dapat digunakan oleh pelanggan yaitu My JNE.


4. Executive Information System
JNE telah menerapkan langkah-langkah untuk pengawasan dalam mendefinisikan ruang lingkup, teknik, untuk mengukur solusi TI dan kontribusi Pi pada proses pengiriman perusahaan. perusahaan juga melakukan evaluasi kelengkapan dan efektivitas manajemen dan kebijakan pengendalian teknologi informasi oleh manajemen yang terkait.



Hardware yang digunakan:
-Smartphone
-Komputer
-Printer
-Barcode Scanner
-Web Server
-GPS




SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING (STP)

·         Segmenting
Sebagai produk yang ada pada introduction stage, fokus utama PESONA haruslah pada para pembeli dengan kesiapan membeli yang tinggi, oleh karena itu, segmenting dari PESONA dapat menggunakan Behavioral Segmentation dan lebih berfokus kepada segmentasi user status, usage rate, buyer-readiness stage, dan loyalty status.
·         Targeting
Produk yang ada pada Introduction stage akan melakukan targeting pada segmen yang cukup luas, PESONA dalam hal ini merupakan pioneer dalam jasa pengiriman oleh-oleh, oleh karena itu PESONA dapat melakukan product specialization, yaitu melayani beberapa segmen hanya dengan menggunakan 1 produk pesona dengan cara melakukan diferensiasi pada biaya pengiriman.
·         Positioning
Karena PESONA merupakan pioneer pada jasa pengiriman oleh-oleh, maka positioning yang diberikan harus sangat menonjolkan sisi Point-of-difference yang dimiliki PESONA, yaitu sebagai layanan pengiriman oleh-oleh pertama yang mudah, menjangkau seluruh nusantara, dan tanpa biaya tambahan.


Di bawah ini penulis mencoba melakukan STP pemasaran untuk layanan Pesona:
SEGMENTING
TARGETING
POSITIONING
Geografi:–       Domestik
–       Internasional
Geografi:–       Domestik

melayani pengiriman makanan khas daerah yang mudah, menjangkau seluruh nusantara, tanpa biaya tambahan, dan terjaga keaslian rasa dan kualitasnya
Umur : –       Anak-anak
–       Dewasa
–       Lanjut usia
Umur : –       Dewasa
–       Lanjut usia
Social Class:–      Kelas menengah ke atas
–      Kelas Menengah
–       Kelas Menengah ke Bawah
Social Class :–      Masyarakat Kelas menengah ke atas
–      Masyarakat Kelas Menengah
Perilaku Konsumen : –          Penikmat makanan khas daerah
–          Bukan penikmat makanan khas daerah
Perilaku Konsumen : –          Penikmat makanan khas daerah


ANALISIS SMART
SIMPLE
Smart merupakan poin analisis dimana tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua anggota perusahaan. Menurut saya, JNE mempunyai visi yang sudah berjalan dengan baik terbukti dari setiap perkembangannya JNE membuktikan bahwa produk-produk yang diluncurkan selalu jadi yang pertama dan dibutuhkan masyarakat. Ini artinya, setiap karyawan paham mengenai visi yang dianut oleh perusahaan.
MEASURABLE
Measurable merupakan indikator kejelasan, kongkrit, dan terukur serta mampu menjadi motivasi bagi karyawan. Perusahaan jasa pengiriman barang PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menargetkan, pendapatan hingga akhir tahun 2016 mencapai Rp 4,4 triliun. Sampai akhir Agustus, JNE mencatatkan pendapatan hingga Rp 3 triliun.
Untuk mencapai target tersebut perusahan akan memaksimalkan kinerja konter JNE yang terdapat di seluruh Indonesia. Saat ini, JNE memiliki 6.000 konter yang tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan juga menargetkan pertumbuhan konter pada tahun ini sebesar 10 persen-15 persen dari konter yang ada. Jumlah barang yang telah dikirimkan JNE hingga saat ini mencapai 16 juta barang. Perusahaan berharap jumlah tersebut terus meningkat hingga lebih 20 juta barang sampai akhir tahun. Pertumbuhan pengiriman barang JNE tiap tahun selalu tumbuh di atas 30 persen, artinya JNE secara konsisten terus meningkatkan jasanya dalam pengiriman barang.

 APLIKABLE
JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional tentunya selalu berusaha menemukan inovasi baru agar menjadi lebih baik , hal itu telah dibuktikannya dalam peluncuran 7 program terbarunya. Di dalam program terbaru tersebut banyak program yang membuat mudah dan menguntungkan para konsumennya diantaranya terdapat aplikasi berbasis Android, My JNE. Aplikasi ini menghubungkan nomor telepon kita dengan seluruh kiriman yang kita kirim melalui JNE. Adapula JNE Service Super Speed (SS) , JNE SS adalah pengiriman paket atau dokumen peka waktu yang harus diberangkatkan sesegera mungkin diluar jadwal rutin dan rute tetap JNE. Dari hal ini JNE membuktikan mampu mencapai visi dan misinya ke depan meskipun selanjutnya akan ada banyak competitor baru yang sama dengan perusahaan tersebut.


RELIABEL
Jika dilihat dari sejarah panjangnya, perusahaan JNE selalu mengikuti perkembangan zaman dan berusaha berinovasi baru agar menjadi yang lebih baik. Seperti peluncuran program My JNE menurut saya sangat tepat karena mampu merealisisakan keinginan para konsumennya dan sesuai dengan kemajuan bisnis online dimana setiap orang tidak terlepas dari handphone. Dan program-program yang lainya pun selalu sesuai dengan yang dibutuhkan para konsumennya yang ingin mengirim barang dengan cepat.
TIME ABLE
Di tahun 2016, JNE telah memiliki 6.000 konter yang tersebar di seluruh Indonesia, perusahaan menargetkan pertumbuhan konter pada tahun ini sebesar 10 persen-15 persen dari konter yang ada. Jumlah barang yang telah dikirimkan JNE hingga saat ini mencapai 16 juta barang. JNE berharap jumlah tersebut terus meningkat hingga lebih 20 juta barang sampai akhir tahun. Harapan itu kemugnkinan bisa terjadi karena pertumbuhan pengiriman barang JNE tiap tahun selalu tumbuh di atas 30 persen
DAYA SAING
Daya Saing strategis dapat dicapai apabila sebuah perusahaan dengan baik merumuskan serta menerapkan strategi pencipta nilai.
1.      Sumber Daya yang Dimiliki
Sumber Daya yang Berwujud
·         Memiliki banyak konter yang tersebar di seluruh Indonesia.
·         Kurir yang banyak.
·         Jasa pengiriman yang sangat beragam.
·         Armada pengiriman yang lengkap.
·         Mendapatkan penghargaan top brand award kategori jasa kurir 2016.
Sumber Daya yang Tak Berwujud
·         Memiliki brand yang dikenal masyarakat
·         Budaya perusahaan dalam perusahaan JNE sudah menjadi pedoman kerja yang mendasar dalam kegiatan sehari-hari.
·         Kredibiltas perusahaan terpercaya
2.           Kemampuan
·         Mampu menjadi pemimpin dari perusahaan jasa pengiriman domestic di Indonesia
·         Selalu berinovasi dalam penyediaan layanan jasa kirim
·         Banyak konter yang tersebar di seluruh Indonesia
·         Memiliki harga produk yang terjangkau dan berkualitas sehingga banyak diminati masyarakat
·         Memiliki karyawan yang handal di setiap bidangnya
·         Mampu membaca keinginan konsumen dan mengikuti perkembangan zaman.
3.      Kemampuan Inti
·         Memiliki pelayanan yang beragam sesuai kebutuhan konsumen
·         Harga yang terjangkau dan berkualitas
4.      Keunggulan bersaing yang berkesinambungan
Keunggulan bersaing yang berkesinambungan dicapai pada saat perusahaan menerapkan suatu pencipta nilai dan perusahaan pesaing tidak secara keseluruhan dapat menerapkannya dan tidak dapat meniru keunggulan tersebut.
Dari awal peluncurannya hingga sekarang, JNE terus konsisten untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi para konsumennya.Diantaranya meluncurkan program aplikasi My JNE dan JNE super speed (SS). Dalam program JNE SS pengiriman paket atau dokumen peka waktu yang harus diberangkatkan sesegera mungkin diluar jadwal rutin dan rute tetap JNE. Layanan SS menggunakan moda transportasi udara (direct flight) langsung ke tujuan, sepanjang jadwal penerbangan tersedia. Target waktu pengiriman adalah dalam kurun waktu 24 jam sejak dari penjemputan di tempat pengirim. Pengirim akan menerima SMS berita keberhasilan pengiriman paket. Dengan adanyaa program ini diharapkan para konsumen dapat lebih puas dalam masalah ketepatan waktu pengiriman daripada jasa kirim lainya. Bisa dikatakan JNE termasuk Superiority in Customer responsiviness

ANALISIS SWOT
STRENGTH (KEKUATAN)
·         Mampu menguasai hingga 20 persen pasar jasa pengiriman dan logistic nasional.
·         Memiliki program yang beda dengan para pesaingnya.
·         Selalu meluncurkan program yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya.
·         Mampu meraih Top Brand Award Kategori Jasa Kurir di tahun 2016 Majalah Marketing
·         Memiliki armada pengiriman yang lengkap


WEAKNESS (KELEMAHAN)
·         Tarif jasa pengiriman yang terkadang tidak tercantum pada website jne.
·         Lama pengiriman yang terkadang tidak sesuai dengan estimasi yang ditentukan jne jika menggunakan jasa layanan oke / reg
·         No resi atau AWB terkadang susah untuk dilacak.
OPPORTUNITIES (PELUANG)
·         Aplikasi My JNE dapat membantu konsumennya secara mudah untuk mengaksesnya melalui smartphone disbanding dengan jasa kirim lainya.
·         Meluncurkan program yang tepat yaitu JNE super speed dimana konsumen ingin mengiginkan jasa pengiriman yang cepat.
THREATS (ANCAMAN)
·         Banyaknya jasa kirim yang baru bermunculan dan menawarkan harga yang lebih murah.

ANALISIS EFAS DAN IFAS


              KONDISI INTERNAL PT. JNE
 


Faktor intern
Strength / Weakness
Produksi
·         + Selalu meluncurkan program yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya.
·         + Memiliki armada pengiriman yang lengkap
·         - Tarif jasa pengiriman yang terkadang tidak tercantum pada website jne

Marketing
+ Memiliki program yang beda dengan para pesaingnya
Keuangan
+ memiliki kondisi keuangan yang sehat
Personalia
+ kurir yang berkompeten
Struktur

Dari tabel diatas dapat kita lihat terdapat 6 + dan 1 – artinya , strenght lebih kuat 5 poin dari weakness
+ Pembagian pekerjaan yang jelas










Analisis Kekuatan
Faktor internal
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Memiliki armada pengirim yang lengkap
4
0.30
4
1.2
Cepat dan tanggap mengelola dengan baik pada paketan / kiriman konsumen
4
0.40
4
1.2
Memiliki program yang beda dengan para pesaingnya
4
0.20
3
0.8
Selalu meluncurkan program yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya
4
0.30
4
1.2
kurir yang berkompeten
4
0.20
3
1.0

20
3
18
5.4

Analisis kelemahan
Faktor internal
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Tarif jasa pengiriman yang terkadang tidak tercantum pada website jne
3
0.50
3
1.5
No resi atau AWB terkadang susah untuk dilacak
2
0.25
2
0.50

5
2
5
2.0

Total Ifas = STRENGH – WEAKNESS
                =   5.4 – 2.0
                =    3.4

Kondisi eksternal PT. JNE
Faktor Eksternal

Kekuatan / Kelemahan
Lingkungan
Eksternal Micro
PELANGGAN
+ Banyaknya pengusaha online yang beermunculan , dan menambah penggunaan jasa JNE

PENDATANG BARU
POTENSIAL
-Bermunculan jasa kirim dengan harga lebih murah
Lingkungan Eksternal
EKONOMI
+ Meningkatkan penggunaan jasa pengiriman dalam pertumbuhan ekonomi
Makro
PEMERINTAH
-Pemerintah bisa ikut campur dalam pengambilan keputusan

Dari tabel diatas terdapat 2+ dan 2 – ini menunjukan kekuatan dan kelemahan Sama





Analisis kekuatan
Faktor internal
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Banyaknya pengusaha online yang beermunculan , dan menambah penggunaan jasa JNE
4
0.25
4
2.8
Meningkatkan penggunaan jasa pengiriman dalam pertumbuhan ekonomi
4
0.25
4
2.5

8
1
8
5.35.

Analisis kelemahan
Faktor internal
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Bermunculan jasa kirim dengan harga lebih murah
4
0.7
4
2.5
Pemerintah bisa ikut campur dalam pengambilan keputusan
2
0.5
3
1.2

8
1
8
3.7

Total = Opportunity – Threat
         =     5.3  -  3.7
         =     1.6
Berdasarkan nilai bobot dan ranting setiap unsur, maka diketahui bahwa posisi perusahaan saat ini berada pada kuadran I, yaitu kudran expantion/Growth pada titik koordinat ( 1.3;1,6 )

MATRIX
Kuadran
Posisi Titik
Luas Matriks
Rangking
Prioritas Strategi
I (S,O)
(5,4 ; 5,35)
28,89
2
Expantions/Growth
II (S,T)
(5,4 ; 3,7 )
19,98
1
Combination
III (W,T)
 (2,0 ; 3,7)
7,4
2
Retrenchement
IV (W,O)
(2,0 ; 5,35)
10,7
3
Stabilty

·         Pada kuadran I (SO Strategi) yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
·         Pada kuadran II (WO Strategi) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
·         Pada kuadran III (ST Strategi) menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
·         Pada kuadran IV (WT Strategi) meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman





ANALISIS DIAGRAM SWOT
 Koordinat Analisis internal
 ( Skor total kekuatan – skor total kelemahan )
             (  5.4 – 2.0 )
              = 3.4
Koordinat analisisn external
(skor total peluang – skor total ancaman)
            ( 5.3  -  3.7 )
         =     1.6
Jadi titik koordinatnya terletak pada ( 3,4 ; 1,6 )






MATRIX SWOT
STRENGTH
·       saluran distribusi luas
·       pengembangan software baru
WEAKNESS
·       Lambatnya dalam menangani proses klaim barang hilang

OPPORTUNITY
·       terdapat banyaknya cabang yang menyebar di seluruh indonesia
·       software dapat membuat jasa pengriman semakin baik

STRATEGY S-O
Membuat layanan program baru JNE Super Speed dan meluncurkan aplikasi MY JNE
STRATEGY W-O
Membidik niche market / segmen khusus yang sesuai dengan keunggulan progam yang dimiliki
THREATS
·       banyaknya jasa kirim bermunculan dengan harga yang lebih murah
STRATEGY S-T
Memposisikan diri sebagai solusi untuk memperluas pasar yang mudah dan cepat
STRATEGY W-O
Melakukan hijrah untuk menemukan pangsa pasar yang potensial






    Sumber : http://yaukingsyaukiaulia.blogspot.com/2016/10/jne-sistem-informasistruktur.html

Komentar

Postingan Populer